Teringat semalam, saya sudah memposting sebuah artikel tentang Jangan Sembarangan Mengikuti Program SEO (Search Engine Optimization). Tapi, mungkin kawan2 kurang atau bahkan belum mengerti sama sekali tentang apa sih SEO? Nah, sehabis googling (google an sambil guling2... hehehe) tadi, saya mendapat sebuah tulisan yang menurut saya pas untuk kawan2 pahami tentang apa sebenarnya SEO. oke! perbaiki posisi duduk anda dan SELAMAT MEMBACA :D !!!
SEO merupakan istilah yang sangat luas. Ada banyak aspek yang terlibat dalam SEO (Search Engine Optimization) ini. Oleh karena itu, pembelajaran yang harus kita lakukan juga sangat luas, yaitu mulai dari mengenal bagaimana cara kerja search engine (tiap search engine memiliki cara kerja yang berbeda) hingga bagaimana mendesain halaman web yang baik.
Oleh kerena itu, kita perlu banyak belajar mengenai SEO untuk bisa benar-benar menjadi SEO-expert. Akan tetapi, kita tidak diharuskan tahu semuanya untuk mulai mengoptimalkan blog/website kita. Mulailah sedikit demi sedikit dari apa yang kita ketahui terlebih dahulu.
Langkah pertama untuk belajar SEO adalah mengetahui apa itu search engine dan bagaimana cara kerjanya. Dengan memahami hal ini, kita semua juga bisa mengetahui keduanya. Selain itu, kita juga akan mengetahui strategi SEO yang bisa dipakai untuk menambah traffic ke blog/website kita.
MENGAPA PERLU SEO?
Sebelum kita terjun ke SEO, kita perlu tahu alasan mengapa kita perlu SEO? Itu semua berkaitan dengan definisi SEO, yaitu sebuah seni untuk memodifikasi halaman web sehingga bisa semaksimal mungkin dikenali oleh search engine.Salah satu alasan yang menyebabkan diperukannya SEO adalah karena ada banyak blog/website di internet. Ada milyaran, bahkan triliunan blog/website yang sudah ada, dan akan terus bertambah di setiap bulan bahkan hari.
Sebagai contoh, kita mempunyai blog/website untuk menjual produk hosting dan domain maka di Indonesia akan ada puluhan bahkan ratusan blog/website sejenis. Sementara itu, jika melihat segmen dunia maka akan lebih banyak lagi jumlahnya. Untuk itu, dengan menempatkan posisi di tingkat atas dalam hasil pencarian maka akan membuat blog/website kita ibarat toko strategis yang terletak di tepi jalan besar. Dengan SEO yang bagus maka kemungkinan blog/website kita dikunjungi oleh orang lain akan lebih besar.
Namun demikian, diperhatikan oleh search engine saja belum cukup. Usahakan semaksimal mungkin blog/website kita harus berada di bagian teratas dari search engine. Karena semakin bawah di posisi search engine maka akan semakin kecil kemungkinan blog/website kita untuk dikunjungi.
Oleh karena itu, untuk mendapatkan posisi tinggi di search engine, tidak cukup hanya dengan membuat blog/website ala kadarnya. Berikut ini beberapa kriteria yang membuat search engine memprioritaskan sebuah blog/website atas blog/website lainnya:
- Anchor Text
- Kepopuleran Situs
- Konteks Link yang menuju dan keluar dari sebuah blog/website
- Link-link topik yang menuju blog/website
- Tag dari Title
- Kata-kata kunci di blog/website
- Bahasa yang digunakan oleh blog/website
- Konten
- Kematangan umur situs
Setelah menyadari pentingnya SEO, kita juga perlu mendefinisikan dengan benar tujuan dari SEO itu. Karena tanpa tujuan dan akhir perencanaan yang benar, program SEO kita akan kurang efektif walaupun mungkin tidak gagal total (gatot).
Tujuan yang pasti adalah meningkatkan traffik ke blog/website. Selain itu, juga mempertinggi kemungkinan pengunjung melakukan transaksi di blog/website (misalnya website shopping cart) atau menggunakan kata kunci iklan (misalnya untuk website periklanan).
Kesimpulannya, blog/website dengan SEO yang bagus akan menyediakan instruksi-instruksi yang bisa dimengerti, dianalisa, dan dinilai relevansinnya oleh robot. Jika pada situs ada SEO yang kurang bagus maka akan dilupakan dan kurang diperhatikan oleh robot. Bahkan lebih buruknya, bisa dianggap situs spam sehingga di-blacklist oleh search engine.
Sumber:
http://mubaroki.com/seo.html
0 komentar:
Post a Comment